Kamis, 11 September 2008

Perayaan Hina Matsuri

Nah ini ada satu lagi perayaan di Jepang yang dinamakan Hina Matsuri. Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal dari permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri).

Perayaan setiap antara akhir bulan febuari dan awal maret di Jepang diadakan festival boneka untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyo. Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar,permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono.



Walaupun disebut matsuri, perayaan ini lebih merupakan acara keluarga di rumah, dan hanya dirayakan keluarga yang memiliki anak perempuan. Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak membantu orang tua mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah Hinamatsuri, boneka harus segera disimpan karena dipercaya sudah menyerap roh-roh jahat dan nasib sial.

Pada tanggal perayaan hina matsuri kebetulan di daerah Tsukuba pada tanggal 26 febuari, saya bersama anak-anak dan teman-teman dari Bunga Melati pergi ke suatu tempat dekat Tsukuba San untuk melihat koleksi boneke-boneka ningyo. Wah benar-benar cantik deh, Nita dan Hana juga sangat menikmati pajangan-pajangan boneka. Ah.. kawai ne kata mereka berdua. Ini dia putriku Mbak Nita dan Hana sedang berpose di depan pajangan boneka ningyo.Wah...pizzz.....









Tidak ada komentar: