Kamis, 11 September 2008

Perayaan Matsuri

Nah ini cerita dari putri keduaku Hana sewaktu masih di yochien (TK) di Azuma . Pada waktu di Jepang khususnya Tsukuba terjadi pergantian musim menjadi musim panas, Azuma yochien mengadakan tradisi yang disebut Matsuri.

Matsuri sendiri menurut pengertian agama Shinto berarti ritual yang dipersembahkan untuk Kami sama (Tuhan), sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan.

Pada penyelenggaraan matsuri hampir selalu bisa ditemui prosesi atau arak-arakan Mikoshi, Dashi (Danjiri) dan Yatai yang semuanya merupakan nama-nama kendaraan berisi Kami atau objek pemujaan. Pada matsuri juga bisa dijumpai Chigo (anak kecil dalam prosesi), Miko (anak gadis pelaksana ritual), Tekomai (laki-laki berpakaian wanita), Hayashi (musik khas matsuri), penari, peserta dan penonton yang berdandan dan berpakaian bagus, dan pasar kaget beraneka macam makanan dan permainan.




Matsuri Azuma yochien diisi dengan tarian dan musik khas matsuri. Walaupun acaranya sederhana namun Hana sangat senang mengikuti acara ini dengan menggunakan pakaian khas Jepang Yukata berwarna merah memberi keceriaan sendiri untuknya. Wah Hana chan kawai ne..








1 komentar:

andi_cupel mengatakan...

oh ya kenalin saya andi_ male 18 saya mau ngucapin makasih karena bekat tulisan ibu saya jadi tahu apa itu matsuri soalnya matsuri ini tugas kuliah saya,.. he2 makasih y bu.. tulisanya