Rabu, 15 Oktober 2008

Ketika Harus Memberi ASI

ASI merupakan makanan pendamping untuk bayi usia 3 bulan ke atas di samping makanan utama. Semua ibu dimanapun pastilah sudah sangat mengerti tentang tingginya dan lengkapnya kandungan gizi dari ASI. Manakala si kecil ingin menikmati ASI, serta merta ibu akan segera memberikannya.

Begitu pula denganku, saat pertama kali imunisasi BCG di klinik bayi dan anak dimana pada saat itu Ira (masih berusia 1 bulan) menangis dengan segera aku memberikan ASI. Tapi tentunya tetap menutupi bagian tersebut dan mengambil tempat yang lebih tersembunyi. Saat menunggu panggilan dari dokter, perawat menghampiriku dan mempersilakan serta menunjukkan suatu ruangan khusus untuk bayi dan ibu menyusui. Di ruangan yang cukup besar ini juga sudah ada ibu-ibu Jepang yang sedang menyusui bayinya. Sumimasen, Watashi wa mada wakarimasen..Arigatou gozaimasita (Maaf, Saya belum mengetahui hal ini...Terimakasih) begitu ucapku pada perawat tersebut.

Selain di rumah sakit dan klinik,di pertokoan yang cukup besarpun disediakan ruangan khusus bayi ini. Di tempat ini terdapat ruangan khusus untuk mengganti pampers bayi, dan menyusui bayi. Jadi di tengah acara jalan-jalan di pertokoan,manakala si kecil ingin minum ASI, serta merta aku mencari tempat tersebut selain lebih tenang juga lebih nyaman. Tempat ini bertuliskan Bebi Kyuukei Sitsu (Ruang/kamar istirahat untuk bayi) atau tulisan Juunyuu Sitsu (Kamar menyusui)

Ini Ruang untuk bayi dan ibu menyusui,





6 komentar:

ENDRIYANI mengatakan...

Emang ASI tuh sangat penting sekali ya!!!...Dan sekarang dah banyak fasilitas dan kemudahan buat para ibu menyusui ya...yukur dech Alhamdulillah...

Bunda Nayla mengatakan...

Wah bagus ya tempatnya...jadi para ibu bisa nyaman buat menyusui putra-putrinya.

ke2nai mengatakan...

ASI is the best mom. Alhamdulillah sy bs full ksh ASI untuk anak2 sy..

maggie mengatakan...

wah nyaman bgt tempat menyusuinya.... bisa sekalian tiduran ya mam?

Anonim mengatakan...

kalo aku bisa2 ketiduran deh...abis tempatnya nyaman gitu sihhh hehehe

Reni Dwi Astuti mengatakan...

Setuju banget ttg kebijakan negara Jepang untuk hal tsb. seharusnya di Indonesia lebih digalakkan lg menyediakan tempat2 utk menyusui di mall2 atau fasilitas umum yg lain shg ibu2 bisa menyusui dg tenang dan nyaman