Selasa, 25 November 2008

Bunga Melati

Bunga Melati ini bukan sembarang bunga...tapi ini adalah nama suatu perkumpulan antara wanita Jepang dan wanita Indonesia di Tsukuba khususnya para ibu. Hampir semua orang Jepang yang tergabung dalam Bunga Melati ini pernah tinggal di Indonesia. Kegiatan di Bunga Melati ini meliputi mempelajari bahasa, memasak, dan mengunjungi tempat-tempat yang menarik di sekitar kota Tsukuba. Keanggotan di Bunga Melati ini tidak mengikat, jadi pada setiap kegiatannya tidak memaksa, bila tidak sibuk atau ada halangan lain tidak datangpun tidak mengapa. Kegiatan ini bagi saya untuk mengisi waktu luang ketika anak-anak sekolah dan suami tidak di rumah selama berada di Jepang dan juga membantu saya bila terdapat kesulitan dalam bahasa Jepang. Kegiatan Bunga Melati diadakan 2 minggu satu kali saja.

Ini salah satu kegiatan yang diadakan beberapa minggu lalu yaitu kegiatan memasak Hana Maki Sushi. Sushi adalah makanan yang sangat populer di Jepang dan mempunyai cita rasa tersendiri yang menurut lidah saya juga enak untuk disantap. Sushi terdiri dari nasi dan ikan mentah yang diberi wasabi (rasa pedas seperti jahe) ketika menyantapnya. Nasi untuk sushi sendiri sudah diberi perasa campuran cuka, gula, dan, garam.

Pada kegiatan memasak kemarin dibuat nasi sushi berbentuk bunga dan dilapisi nori di bagian luarnya. Disini dibuat nasi sushi yang digulung (onigiri) dengan variasi isi yaitu telur, sayur mentimun, dan ikan salmon bakar....wah...rasanya enak lho...Ya..lumayanlah menambah pengetahuan saya untuk memasak makanan Jepang.

Ini hasil memasak Hana Maki Sushi,





Ini para Ibu yang sempat datang ke acara masak-masak kemarin, dari kiri ke kanan Me paling depan, Mbak Tri, Sinta, Nasahara san, Mbak Yulis, Kiyono san, Maakun no Mama, Eva dan putranya.


10 komentar:

Reni Dwi Astuti mengatakan...

Mam, sushinya dikirim dong ke Kayla. Kelihatannya yummy banget tuh...he he he...ternyata mami seneng masak juga ya...

ENDRIYANI mengatakan...

Asik ya walau di negeri orang banyak temennya...!!! Emang seneng bgt punya perkumpulan yang positif kaya gini ya...Sushi nya enak-2 nich....Mau dunk jadi ngiler nich!!!

Anonim mengatakan...

hebat yah mbak, ternyata wanita2 jepang juga bersahabat dg wanita2 ina. Karena sepengetahuan sy orang jepang terkenal dengan ke-cuek-annya.

Rudi Kuswanto mengatakan...

wah...hmmm...bayangin enaknya...rasanya pasti mak yuss..

maggie mengatakan...

waduh....kapan pulang mam?? bisa buka resto or kursus masakan jepun neh.

ke2nai mengatakan...

kl mudik, sy di bawain sushinya buatan mami y. Enak y kl py perkumpulan yg aktif gitu :)

Febrie Pereiza mengatakan...

makanannya bikin ngiler .. nyomot donk .. hehehe ..

Ewi dan F3 (Fikri, Fira Faiz) mengatakan...

Sushi yang cantik, secantik yang bikin

Kayla & mama mengatakan...

Nyam nyam...keliatannya enak bener ya..walaupun daku bukan penggemar masakan jepang, karna rasanya he he..tapi ngeliatnya bisa bikin ..pinginnn...yummyyy...

Jasmine mengatakan...

Waah kayanya enak sushinya... Mam punya ide ga buat nama bayi perempuan atau laki2 dari bahasa jepang... Yang perempuan pengen ada nama bunga yang cantik2 gitu...