Sabtu, 30 Mei 2009

Open Class

Rata PenuhOpen class adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah, dimana para orang tua diperbolehkan untuk melihat dan menyaksikan kegiatan belajar mengajar di kelas dari pagi sampai pulang sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dua kali dalam 1 tahun ajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan TK dan SD.

Dari kegiatan ini, para orang tua berkesempatan untuk menyaksik
an sendiri putra-putrinya selama belajar di sekolah dan pada jam terakhir sebelum pulang sekolah semua siswa di kelas yang bersangkutan menunjukkan kepada semua orang tua seputar kemampuan belajar di sekolah yang meliputi pelajaran bahasa Jepang, matematika, musik, dan olah raga.

Se
mua siswa dikelompokkan dalam suatu grup yang telah ditentukan oleh guru masing-masing. Biasanya dibuat 1 kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Kelompok pertama menunjukkan kemampuan dalam menulis dan membaca huruf hiragana dan katakana (huruf Jepang), kelompok kedua menunjukkan kemampuan dalam berhitung, kelompok ketiga menunjukkan kemampuan dalam seni musik (memainkan alat musik), kelompok keempat menunjukkan kemampuan dalam olahraga/kemampuan fisik (seperti nawatoubi/bermain lompat tali), dan kelompok kelima yang menunjukkan kemampuan dalam berbahasa (bercerita). Semua anak diberi kesempatan untuk berbicara bergantian pada saat maju ke depan kelas.

Hal positif yang diambil dari kegiatan ini adalah anak-anak dilatih keberanian untuk berbicara di depan banyak orang (walaupun disini semua anak sudah berani tetapi tetap dilatih untuk lebih meningkatkan kemampuan bicara yang baik di depan orang), anak juga dilatih lebih percaya diri atas kemampuan sendiri dan tidak membeda-bedakan setiap anak karena semua diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya.

Begitu banyak hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini, mudah2an kegiatan ini dapat diterapkan di sekolah SD di negeri sendiri.

Ini salah satu kelompok anak yang sedang membacakan soal berhitung dan semua teman-temannya yang belum maju ke depan kelas ikut berinteraksi dengan mengacungkan tangan dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok yang sedang berbicara di depan kelas



Beginilah suasana di kelas dimana guru dan para siswa yang belum mendapat giliran maju ke depan kelas menyimak dan mendengarkan kelompok yang sedang berbicara di depan kelas,



Pada akhir kegiatan ini, semua anak menyanyikan lagu-lagu anak yang bertema semangat belajar dan berterimaksih kepada orang tua, Wah kegiatan ini sangat menarik untuk saya pribadi...





10 komentar:

Umi Rina mengatakan...

Open Class ini bagus sekali untuk memotivasi anak mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan bakat anak. Mam, ini kelas Hana chan waktu ichi nen sei ya?

Reni Dwi Astuti mengatakan...

Bagus sekali ya acaranya...Memang dalam hal pendidikan Jepang selangkah lebih maju daripada di Indonesia yg ruwet itu...

Belajar Dan Belajar mengatakan...

Subbahan Allah...bahagia,haru dan bangga itulah yg terkesan akan apresiasi anak anak dalam menunjukan kemampuan mereka..

Mimpi kali yee.. sekolah di negri indo punya program sebagus ituh ..heheheh..

ke2nai mengatakan...

bener2 positif kegiatannya y.. sebetulnya gak sulit diterapkan di indonesia y.. tinggal sekolahnya aja punya kemauan apa enggak

ENDRIYANI mengatakan...

wah bagus ya Mbak...memang kadang orantua tuh suka ingin tau kegiatan belajar mengajar anaknya di sekolah tuh seperti apa...

Penny mengatakan...

lihat anak2 kecil bisa cepet belajar huruf hiragana dan katakana, jadi ngiri nih....
ingat dulu waktu sekolah, ngga pinter2 deh.. kayaknya belajar dua jenis huruf itu hihiii apalagi cara nulisnya.. ribet banget dah...

wah.. sistem belajarnya keren ya....
semoga kapan2 di Indo bisa spt itu juga, Amin

alrisjualan mengatakan...

Bagus juga buat ditiru di Indonesia.
Salam kenal.
ALRIS
http://alrisblog.wordpress.com

anna abdul mengatakan...

nice post
sangat bermanfaat

Resa anag reggae mengatakan...

kutil di sekitar kemaluan obat kutil kelamin cara mengobati kutil di kemaluan kutil di sekitar kelamin wanita kutil di sekitar kelamin kutil kelamin obat kutil kelamin

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)